Rabu, 06 Maret 2019

RPP TEMA 7 ST3 P2. MI MAARIF SHOBAHUR ROZI


    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Mahasiswa          :    SHOBAHUR ROZI
No. Peserta/NIM          :    91000086155911
Sekolah                         :    MI MA’ARIF PAGERWOJO BUDURAN
Tema 7                          :    Indahnya Keragaman di Negeriku
Sub Tema 3                   :   Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku
Pelajaran ke                   :    2
Kelas / Semester           :    IV (Empat)/ 2
Alokasi Waktu              :    4x35 menit

A.
Kompetensi Inti / KI


KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2: Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 :
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
No
KOMPETENSI  DASAR
INDIKATOR
3.7
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
3.7.1Mengemukakan pengetahuan baru yang diperoleh dari teks bacaan.
4.7
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
4.7.1Menceritakan kembali pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri


IPA
No
KOMPETENSI  DASAR
INDIKATOR
3.3
Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

3.3.1Menjelaskan hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek...

4.3
Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
4.3.1Menjelaskan manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari
SBdP
No
KOMPETENSI  DASAR
INDIKATOR
3.4
Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
3.4.1Menjelaskan perbedaan  karya seni rupa teknik montase, kolase, mozaik, dan aplikasi
4.4
Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.

4.4.1.Membuat  karya kolase dan montase dengan potongan kertas berwarna
.
C.        TujuanPembelajaran
1.      Setelah memmbaca teks, siswa mampu mengemukakan pengetahuan baru yang diperoleh dari teks bacaan dengan tepat.
2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan kembali pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri dengan benar.
3.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek dengan tepat.
4.      Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
5.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan perbedaan  karya seni rupa teknik montase, kolase, mozaik, dan aplikasi dengan benar.
6.      Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat karya kolase dan montase dengan potongan kertas berwarna dengan baik dan benar.




D.    Materi Pembelajaran
1.    Fakta        :
ü  Keragaman budaya menghasilkan keragaman karyaseni
ü  Kekasaran dan kelicinan permukaan suatu benda memengaruhi nilai gaya gesek yang dihasilkan.
2.    Konsep     :
ü  Jenis keragaman karya seni rupa tehnik tempel meliputi montase, kolase, mozaik, dan aplikasi
ü  Gaya gesek adalah gaya berlawanan arah yang
dihasilkan oleh satu benda ke benda lain dipengaruhi oleh permukaan
benda. Contoh gaya gesek misalnya gaya gesek antara telapak tangan
dengan benda yang dipegang atau gaya gesek antara telapak kaki denganlantai saat kita melangkah.

3.      Proser       :
ü  Keempat jenis karya seni rupa tehnik tempel seperti montase, kolase, mozaik, dan aplikasi tersebut dibuat dengan teknik tempel. Bahanbahan yang ditempelkan beragam.
ü  Gaya gesek terjadi karena gaya berlawanan arah yang dihasilkan oleh satu benda ke benda lain dipengaruhi oleh permukaan.

E.     Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
§  Model                : Cooperative Learning type STAD
§  Pendekatan        : Saintifik
§  Metode              : Diskusi, pengamatan, tanya jawab, penugasan dan
                             ceramah
F.      Media/Alat/BahanPembelajaran
§ Gambar montase, kolase, mozaik, dan aplikasi
§ Teks karya seni rupa tehnik tempel
§ Teks  dekorasi ruang tamu dengan seni mozaik
§ Gunting dan bahan-bahan kertas warna
§ Potongan kertas yang kecil-kecil
§ Lem kertas
§ Gambar  dasar kolase dan montase
§ Gambar tempel
§ Papan tulis
§  Alat tulis Spidol

G.  Sumber Belajar
  • Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
  • Buku pendamping Tematik tema 7 kelas 4  semester 2
§  Buku Teks, gambar berbagai karya seni.

H. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran
Alok/waktu
Pendahuluan
Fase 1. Menyampaikan Tujuan
1.    Guru  memberikan salam dan menanyakan kabar siswa
2.    Guru mengajak siswa berdoa  yang dipimpin oleh salah satu siswa
3.    Guru melakukan presensi siswa menjawab dengan kalimat toyyibah
4.    Guru memberikan motivasi dan apersepsi kepada siswa, misalnya
ü  ”Apa sudah siap   belajar anak-anak.?”
ü  “Sudah tahu,akanbelajar apa hari ini?”
5.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Tema 7, sub tema 3, pembelajaran 2, yaitu tentang Keragaman Karya Seni Rupa dan Gaya.
15 mnt
Keg. Inti
Fase 2. Mengorganisasikan
1.      Siswa membentuk 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 6 anggota
Fase 3.  Membimbing Kegiatan
2.      Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang keragaman seni rupa yang diketahui.(menanya)
3.      Siswa mengamati dengan cermat gambar-gambar hasil karya seni montase, kolase, mozaik, dan aplikasi pada Buku Siswa. Dalam pengamatan ini siswa diarahkan untuk memperkirakan teknik pembuatan setiap jenis karya pada gambar.(mengamati)
4.      Dari hasil pengamatan gambar, siswa berdiskusi tentang perbedaan dari keempat jenis seni rupa tersebut.(mengikplorasi)
5.      Selesai berdiskusi, siswa membuat laporan tertulis untuk dibacakannya di depan kelas secara bergantian. .(mengomunikasikan)
6.      Siswa membaca teks berjudul “Percantik Dekorasi Ruang dengan Seni mozaik”.
7.      Siswa berdiskusi tentang pengetahuan baru yang diperoleh dari teks bacaan. Selanjutnya, siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas.
8.      Siswa diajak bertanya jawab mengenai jenis-jenis permukaan benda. Jawaban yang diharapkan yaitu ada dua macam permukaan benda, yaitu bertekstur kasar dan bertekstur halus.(menalar)
9.      Siswa melakukan percobaan hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek.(mengekplorasi)
10.  Siswa menuliskan hasil percobaan dan menyimpulkannya dalam bentuk laporan. .(mengomunikasikan)
11.  Siswa berdiskusi kelompok untuk mengetahui manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut.(mengumpulkan data)
-       Benda dapat mudah dipegang karena adanya gaya gesek.
-       Ban mobil dibuat dari bahan karet dan permukaannya beralur-alur agar tidak tergelincir.
-       Rem digunakan untuk menghentikan sepeda atau kendaraan bermotor.
-       Ampelas digosokkan ke permukaan kayu agar halus.
-       Gergaji digosok-gosokkan pada kayu agar terpotong.
Fase 4.Menyampaikan Informasi
12.  Guru meminta satu atau dua siswa untuk membacakan hasil laporan tertulis dari kegiatan  pengamatannya di depan guru dan teman-temannya.(mengomunikasikan)
13.  Siswa yang lain diberi kesempatan bertanya, jika ada yang belum dimengerti(menanya)

Hasil yang diharapkan:
ü  Pengetahuan siswa tentang jenis-jenis karya seni rupa teknik tempel.
ü  Sikap teliti dalam menemukan pengetahuan baru dari teks bacaan.
ü  Pengetahuan tentang gaya gesek dan manfaatnya bagi kehidupan
Catatan:
ü  Kegiatan ini digunakan untuk memahamkan kepada siswa tentang KD SBdP 3.4 dan 4.4, KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7, serta KD IPA 3.3 dan 4.3.
Fase 5: Evaluasi.
14.  Siswa diberikan tugas kelompok mengerjakan lembar kerja berupa tes  membuat karya seni montase, atau kolase,atau mozaik, dan atau aplikasi dengan baik dan benar(mengekplorasi).

115 mnt
Penutup
Fase 6. Penguatan
15.  Siswa bersama guru menyimpulkan hasil belajar  hari ini
16.  Siswa diberikan kesempatan bertanya apabila ada materi yang belum dimengerti.
17.  Siswa mengerjakan tugas sebagai tindak lanjut
18.  Guru menginformasikan rencana kegiatan untuk pertemuan berikutnya.
19.  Kelas ditutup dengan doa bersama..
10 mnt






I.              Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap                        : Lembar Observasi
b.      Penilaian pengetahuan            : Tes tulis, lisan
c.       Penilaian Keterampilan           : Unjuk Kerja, portofolio
2. Bentuk penilaian
a.       Sikap                                       : Observasi sikap disipilin dan kerjasama
b.      Pengetahuan                            : Soal Esai
c.       Keterampilan                           : Rubrik Presentasi
3. Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD-nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remedial klasikal, atau tutor sebaya, atau tugas dengan diakhiri dengan tes
4.      Pengayaan
Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan dengan ketentuan sebagai berikut:
a.      Siswa yang mencapai nilai KKM ≤  x  ≤ Nilai Maksimum diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.      Siswa yang mencapai nilai  x  > Nilai maksimum diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Mengetahui
Kepala Sekolah,


H.M. QOSIM, S.Pd.I

Sidoarjo, 20 pebruari 2019
Guru Kelas IV


SHOBAHUR ROZI, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar